Home

Menghasilkan Uang melalui Internet

Sebagai newbie, rasanya sangat menggiurkan ketika kita berselancar di internet dan terdampar di sebuah website yang menjanjikan kekayaan secara mendadak. Dengan iming-iming jurus mudah menghasilkan uang melalui internet, cara gampang cepat kaya, menghasilkan uang dari internet dalam 5 menit, kata-kata tersebut berhasil membius newbie yang ingin cepat kaya melalui internet.

Memang banyak cara menghasilkan uang melalui internet, akan tetapi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada berbagai macam jurusan yang dapat ditempuh untuk dapat menghasilkan uang dari internet. Salah satunya adalah internet marketing atau yang sering disingkat IM. Menurut mbah wiki Indonesia, yang kata-katanya lurus dan teratur, IM meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Nah loh, masih bingung kan cara menghasilkan uang dari internet? daripada pusing cari arti kata IM, mending kita lihat langsung bagaimana IM menghasilkan uang dari internet.

Macam-macam Internet Marketing

Menghasilkan uang dari internet marketing dapat ditempuh melalui beberapa cara. Bagi seorang newbie tak usah bingung memikirkan bagaimana menghasilkan uang dari internet. Cobalah untuk membaca artikel ini sampai habis, dapatkan inspirasi, mulailah beraksi. Berikut adalah beberapa jenis Internet marketing yang ada saat ini.

Pay per Click (PPC)

PPC adalah jenis IM yang sangat populer di Internet. Caranya sangat sederhana sekali, pemilik website (publisher) akan menghasilkan uang ketika iklan yang dipasang di websitenya di klik oleh pengunjung. Pertanyaan yang ada di pikiran newbie adalah siapa yang akan membayar pemilik website? Pola dari PPC adalah pemilik website (publisher) mendapat bayaran ketika iklan dari pemasang iklan (advertiser) di klik oleh pengunjung website dengan harga yang telah ditentukan. Kemudian, bagaimana mendapatkan pemasang iklan (advertiser)? ada dua cara untuk mendapatkan pemasang iklan, yaitu dengan menawarkan langsung kepada pemasang iklan dan mendaftar pada Network Advertising.

Mencari pemasang iklan secara Langsung

Mendapatkan pemasang iklan pada website secara langsung dapat dilakukan dengan banyak cara. Pertama adalah memasang banner (spanduk) pada halaman website dengan memberikan informasi bahwa banner tersebut disewakan untuk pengiklan dengan mencantumkan kontak yang dapat dihubungi untuk pemasang iklan. Yang kedua adalah dengan mengirimkan email kepada calon pemasang iklan potensial untuk memasang iklan nya pada website. Yang ketiga adalah pemasang iklan lah yang menghubungi pemilik website untuk memasang iklan. Bagi website besar dengan reputasi yang tinggi, cara ini merupakan cara terbaik, karena penghasilan yang didapatkan bisa lebih tinggi, karena harga ditentukan berdasarkan kesepakatan pemilik website dan pemasang secara langsung tanpa pihak ketiga. Namun bagi newbie cara ini sulit dilakukan dengan website yang pengunjungnya masih sedikit dan belum memiliki reputasi.

Mencari pemasang iklan melalui Network Advertising

Cara ini adalah yang termudah bagi seorang newbie yang memiliki website untuk menghasilkan uang melalui internet. Caranya adalah dengan mendaftar pada Network Advertising untuk mendapatkan pemasang iklan. Polanya adalah pemilik website menyediakan tempat (space) untuk menaruh iklan berupa banner. Network advertising akan mencari pemasang iklan dan menempatkan iklan pada space tersebut. Network Advertising adalah pihak ketiga antara pemilik website dan pemasang iklan yang menentukan harga iklan untuk pemilik website dan pemasang iklan. Pemilik website akan mendapatkan uang ketika iklan yang ada di websitenya di klik oleh pengunjung dengan harga yang telah ditentukan oleh Network Advertising. Pemasang iklan juga akan ditarik biaya oleh Network advertising dengan harga yang telah ditentukan oleh Network Advertising. Banyak Network Advertising yang menyediakan pemasang iklan bagi newbie diantaranya Google Adsense, Propeller Ads, Chitika, Revenue Hits, dll.

Pay per View (PPV)

Jenis internet marketing yang satu ini adalah yang paling mudah buat seorang newbie. Karena hanya dengan kunjungan pada website, tanpa klik pun kita sudah dibayar. Harga PPV umumnya ditentukan per seribu kunjungan atau Pay Per Mile (PPM). Contohnya adalah sebagai berikut, sebuah network advertising menawarkan PPM $1 artinya kita dibayar $1 per seribu kunjungan ke website kita. Misalkan website kita hanya mendapatkan 500 kunjungan dalam satu hari pun kita tetap menghasilkan uang, tinggal dikalikan saja (500/1000) * $1 =  $0.5 jadi kita hanya mendapatkan $0.5 dalam satu hari. Cara mendaftar pada network advertising yang menyediakan PPV juga biasanya lebih mudah dibandingkan yang menyediakan PPC. Penyedia IM jenis PPV ini adalah Hilltopads, RevenueHits, Clickaine, dll. Selain menggunakan website, kita juga dapat menghasilkan uang dengan PPV melalui youtube. Caranya dengan memiliki akun youtube, mengunggah video, dan memasang iklan pada video tersebut. Ketika video tersebut dikunjungi atau dilihat, maka kita sudah menghasilkan uang dari penampilan iklan yang ada di video.

Pay per Leads / Pay per Action (PPL / PPA)

Jenis IM yang satu ini menghasilkan uang ketika iklan kita diklik oleh pengunjung, pengunjung akan diarahkan ke sebuah laman, pada laman tersebut pengunjung website melakukan aksi tambahan seperti mengisi form, mengisi kartu kredit, berlangganan sebuah produk. Jadi ketika hanya klik saja tanpa diikuti oleh aksi tambahan dari pengunjung website, kita tidak akan mendapatkan penghasilan. Memang terlihat lebih sulit, namun penghasilan yang ditawarkan jauh melebihi dari jenis IM lainnya. Contoh penyedia PPL adalah cplad.com, penyedia PPA lokal adalah indocpa.

Pay per Sale (PPS)

Pola dari PPS adalah pemilik website menghasilkan uang ketika iklan yang dipasang pada website (berupa produk) berhasil terjual pada pengunjung website. Iklan berupa produk tersebut bisa kita dapatkan dari afiliasi pada website e-commerce seperti Amazon.com, Lazada, dll. Pemilik website mendaftar pada e-commerce tersebut sebagai affiliate member, kemudian akan mendapat affiliate id untuk dipasang pada website. Kemudian pemilik website memasang produk yang ada di ecommerce pada websitenya dengan menyertakan affiliate id. Jadi ketika produk pada website diklik oleh pengunjung, dan pengunjung melakukan pembelian, pemilik website akan memperoleh komisi. Salah seorang kawan newbie yang merupakan seorang master, telah menjadi affiliate Amazon sejak 2010 sampai dengan sekarang. Penghasilan yang didapatkannya juga sangat stabil, meski tidak terlalu besar.

Menjual Produk Sendiri / Produsen.

Polanya adalah memiliki produk yang dihasilkan sendiri atau dari produsen lain (reseller/dropshipper) lalu dipasang pada website yang dimiliki. Jenis IM yang satu ini memang agak sulit dilakukan bagi kalian yang malas (termasuk newbie), karena kita harus memikirkan pembuatan produk sekaligus memasarkannya melalui internet. Jadi kita harus membuat sebuah website yang isinya menawarkan produk kita.

Memulai Internet Marketing

Lumayan lelah juga newbie ngetik artikel tentang jenis-jenis IM, kalian para newbie mungkin juga sudah lelah membacanya. Setelah tau jenis-jenis IM serta pola IM dalam menghasilkan uang dari internet. Tentu para newbie bingung harus memulai darimana agar bisa menghasilkan uang bukan? Sebenarnya membuat website adalah satu cara dari sekian banyak cara memulai internet marketing. Ada banyak cara lain dari IM seperti membuat aplikasi android, membuat akun youtube dan banyak lagi cara untuk memulai IM.

Gambaran Umum IM
Gambaran Umum IM

Membuat Website untuk Internet Marketing

Pada awal newbie berkenalan dengan IM (kenalan thok, belum PDKT) newbie membayangkan sulitnya membuat website. Bayangan akan rumitnya bahasa pemrograman yang lebih rumit dari hati seorang wanita menghantui newbie untuk memulai perkenalan dengan dunia IM. Dalam pikiran newbie, kerumitan dan kesulitan tersebut pasti akan membuat newbie gagal dalam IM. Mungkin kalian para newbie juga memikirkan hal yang sama? Tenang kekhawatiran tersebut hanyalah ilusi belaka. Memang awalnya newbie kesulitan dalam memulai IM, terutama tidak adanya seorang kawan atau mentor yang membantu newbie di dalam dunia persilatan.

Membuat Website TIDAK wajib bisa Coding

Yup, tidak ada aturan pemerintah bahkan aturan agama yang mewajibkan pembuat website menguasai bahasa pemrograman atau coding LOL. Satu ketakutan newbie di awal memulai IM telah memudar akan kenyataan ini. Membuat website memang tidak wajib bisa coding, karena saat ini banyak sekali Content Management System (CMS) yang membantu dalam pembuatan sebuah website. Yang diperlukan hanya keahlian dalam membuat artikel atau tulisan, tampilan website dan mesin dari website dikerjakan oleh CMS. Contoh dari CMS adalah Blogger, WordPress, Joomla, Drupal, dll. Mungkin yang paling familiar ditelinga adalah Blogger. Dengan Blogger, hanya klak klik klak klik kita dapat membuat sebuah website tanpa memikirkan kode pemrograman di dalamnya. Kita hanya perlu menyiapkan tulisan yang akan dimuat didalam website. Lalu jika tidak menguasai coding dan tidak bisa membuat tulisan bagaimana? Kelaut aja dah, suer :D.

Sebenarnya ada satu teknik pembuatan website yang tidak mengharuskan menguasai coding, dan tidak mengharuskan bisa membuat tulisan atau artikel, ajib gila kan. Namun newbie tidak menyarankan teknik ini karena akan membuat malas. Bagaimana tidak cepat malas, tanpa ngoding, tanpa nulis artikel, jadilah website dengan ribuan konten dalam semalam.

Belajar tidak harus Bayar

Bagi sebagian newbie, persoalan modal adalah hambatan utama dalam memulai langkah dalam dunia IM. Jika ingin membuat website maka dibutuhkan biaya untuk menyewa sebuah domain dan hosting yang tentunya tidak murah. Selain tidak murah, membeli domain dan hosting biasanya dilakukan secara online menggunakan kartu kredit, padahal newbie kantongnya pas-pasan dan tak punya kartu kredit pula, alamak. Itu merupakan stigma lama yang menghambat newbie. Kenyataannya saat ini membeli domain dan hosting dapat dilakukan dengan mudah, bahkan bisa lewat indomar*t, alamak. Bahkan sewa domain dan hosting gratis tanpa bayar sepeserpun juga ada, mau alasan apalagi coba. Blogger dan wordpres adalah jawaban yang paling mudah bagi seorang newbie untuk membangun sebuah website. Domain sudah disediakan oleh mereka, tinggal cek ketersediaannya. Soal hosting apalagi coba, blogger itu kepunyaanya Google, simbahnya internet, jadilah cucu emasnya simbah di dunia SEO. Newbie dapat membaca artikel tentang membuat website gratis dengan Blogger dan coba praktekkan ilmunya.

Mengenal Search Engine Optimization (SEO)

Makanan apalagi ini pikir newbie ketika mendengar kata Search Engine Optimization alias SEO. SEO adalah ilmu untuk membuat website kita tampil di mesin pencari. Apalah artinya website yang kita buat tadi jika tidak memiliki visitor atau pengunjung yang membaca isi website kita. SEO merupakan salah satu cara agar website kita tampil di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex, dll. Ketika website kita tampil dalam mesin pencarian tersebut, besar kemungkinan website kita akan mendapat kunjungan. Namun yang terpenting bagi seorang newbie adalah bagaimana membuat sebuah website terlebih dahulu, lalu mengisi website tersebut dengan konten sebanyak-banyaknya. SEO dapat dilakukan ketika kita sudah mulai terbiasa dengan pembuatan website. IM bukanlah sebuah pekerjaan yang dapat dilakukan dalam semalam, tetapi membutuhkan ketelatenan dan ketekunan dalam belajar, beraksi dan berkembang. Sebaiknya nikmati proses demi proses dalam IM, maka kesuksesan ada di depan mata.

Memonetisasi Website

Ketika newbie sudah menikmati kunjungan visitor ke website newbie, maka dunia IM di depan mata. Monetisasi adalah bagaimana menghasilkan uang dari website melalui berbagai cara. Artinya kunjungan dari visitor website digunakan untuk menghasilkan uang. Bagaimana cara menghasilkan uang dari Internet Marketing telah ditulis diatas. Newbie bisa membaca ulang ketika sempat, jika tak sempat pun tak apa.

Catatan Kaki

Kalau newbie sudah sampai disini, berarti hampir usai pula perjumpaan kita. Eits tapi tunggu dulu, ada kabar gembira, semua yang tersebut diatas akan ada tutorial yang lebih spesifik dan mendetail. Jadi newbie semua dapat langsung praktek tanpa banyak bicara. Doakan saja newbie ini agar punya waktu dalam menulis tutorial selanjutnya. Salam newbie.